Artikel Sedekah Kreatif

Program Pemberdayaan : Pelatihan Servis AC

2023-12-25 09:30:27

Bagikan:

Sedekah Kreatif Adakan Pletihan Servis AC Hingga Jadi Montir

Sedekah Kreatif baru-baru ini telah mengadakan Pelatihan servis AC Kepada Warga yang membutuhkan pekerjaan. Pelatihan khusu servis AC ini, diberikan kepada para peserta, yang awalnya tidak mengerti samasekali tentang AC. Namun setelah mengikuti pelatihan, kini para peserta sudah menjadi para montir AC dan mendapatkan pekerjaan baru sebagai ahli profesi.

Program man power atau pemberdayaan SDM pelatihan AC ini, diikuti oleh 25 orang dari berbagai daerah, mereka yang terpilih terlebih dahulu diseleksi oleh Sedekah Kretaif selaku penyelenggara. Jalannya pelatihan sehingga peserta menjadi montir dilakukan selama 10 hari penuh. Selama pelatihan 10 hari ini, para peserta mendapatkan modul materi dan tahapan latihan servis AC dan pemasangan AC. 

Selain itu semu perlengkapan mekanic AC dan konsumsi selama pelatihan disedikan oleh Sedekah Kreatif. Memasuki hari ke 10 terakhir, para peserta diajak langsung paraktek kelapangan dalam aksi bakti sosial pembersihan AC Masjid bersama-sama, tentunya dengan pendamping pelatih.

Instruktur mekanik pelatihan AC, Pak Dodo mengungkapkan, “dalam pelatihan AC ini, para peserta diberi dasar tentang ilmu elektronik terlebih dahulu, baik dari segi kelistrikan maupun dari segi komponen mesin elektronik. Lebih khusus peserta diberi materi dasar dan materi inti tentang elektronik AC.

Pak Dodo menbahkan, “umumnya para peserta sudah memilik dasar-dasar ilmu elektronik, cuma belum faham masalah AC. Memalui pelatihan ini, mereka sudah mengerti dan faham inti materi dasar komponen elektronik AC, baik perbaikan maupun pemasangan berbagai jenis AC yang benar dan berkualitas”. Dari semua peserta yang iku, Pak Dodo selaku pengajar memberi penilaian semua peserta dinyatakan lulus dan sudah berhasil menjadi montir AC yang mumpuni.

Salah seorang peserta asal Depok, Bani 35 tahun mengungkapkan, dirinya sangat berterimakasih kepada Sedekah Kreatif yang telah mengadakan pelatihan AC. Kini dirinya sudah memiliki ilmu baru tentang AC, dan bahkan sudah bisa bekerja sebagai montir pemasangan dan perbaikan berbagai jenis AC.

Sementara itu, guna memberikan manfaat lebih kepada para peserta, usai pelatihan Sedekah Kreatif mengelompokan peserta berdsarkan domisili tinggal menjadi 5 Team. Selain itu 5 Team ini diberikan perlengkapan komplit alat montir untuk pemasangan dan perbaikan AC. 

Ditemui dilokasi pelatihan di komplek Kalisuren Bogor, PIC pelaksana pelatihan AC Imron Tanpani dari Sedekah Kreatif menjelaskan, “Bahwa pengelompokan ini sebagai bentuk team kerjasama dalam usaha jasa pemasangan dan perbaikan AC. Dengan domisili daerah, peserta sudah bisa usaha bersama dalam jasa AC di wilayah mereka masing-masing”.

“Besarnya manfaat pelatihan AC ini bisa menciptakan lapangan kerja baru yang berkualitas bagi kaum muslimin. Kedepan rencananya Sedekah Kreatif akan kembali mengadakan, pelatihan khusus yang bisa menciptakan  lapangan kerja baru bagi kaum muslimin” pungkasnya.